Rabu, 29 Desember 2010

TIPS REMAJA BICARA CINTA

Hati-hati akan rayuan cinta gombal ala remaja sekarang yang katanya setia, atau mereka bilang siap bertanggung jawab, jangan percaya deh..,

berikut beberapa ulasan terkait masalah cinta yang saya kutip dari beberapa buku tarbiyah remaja.

Cinta…bagaimana ya rasanya ? Kata orang kalau tengah terkena panah cinta segalanya terasa indah, penuh pesona, penuh semangat, membuat hati berbunga-bunga. Pokoknya berjuta rasanya. Itulah persepsi kebanyakan orang jika ditanya cinta, asosiasinya pasti deh langsung menuju ke hubungan lawan jenis. Nggak salah sih, tapi sebenarnya yang namanya rasa cinta itu banayak sekali bisa cinta pada adik, ortu, sahabat, mobil, uang, tanah air, hidup kita, dsb. Di dunia ini rasaya banyak sekali yang kita cintai. Semua itu fitrah dan lumrah ada pada diri kita. Cuma yang nggak lumrah dan salah adalah jika kita keliru memprioritaskan rasa cinta.

Makna Cinta

Apa sih sebenarnya cinta itu ?? Memang banyak orang mendefinisikan cinta. Kita ambil saja salah satunya dari Abdullah Nashih Ulwan dalam bukunya “Manajemen Cinta”. Menurut beliau : “Cinta adalah perasaan atau gejala hati yang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan penuh gairah, lembut dan kasih sayang. Cinta adalah fitrah manusia yang murni yang tidak dapat terpisahkan dengan kehidupannya. Ia selalu dibutuhkan. Jika seseorang ingin ikut menikmatinya dengan cara yang terhormat dan mulia, suci dan penuh taqwa, tentu ia akan mempergunakan cinta itu untuk mencapai keinginannya yang suci dan mulia.”

Cinta dalam Tinjauan IPTEK

Adalah psikolog swiss Andreas Bartels secara mengejutkan melontarkan pernyataan bahwa “CINTA MENYEBABKAN KECERDASAN OTAK MENURUN” begini ceritanya
Jatuh cinta atau perasaan cinta ditenggarai menyebabkan otak tidak bisa melakukan konsentrasi dan tugasnya secara optimal, dalam penelitiannya bartels meminta sukarelawan melihat foto orang yang dicintainya sambil otaknya dipindai. Pemindaian dilakukan untuk mengetahui jumlah darah yang dipompa kekepala yang dapat menerangkan bagaimana kinerja otak pada saat itu TERNYATA…jumlah sirkulasi darah ke otak berkurang banyak. Bagi otak hal ini hanya berarti aktivitas sel otak menurun dan kecerdasan pun menurun. BAYANGKAN !!!

Efek samping cinta hanyalah terjauhkan dari depresi dan perasaan tertekan, itupun terjadi jika cinta kalian diterima tapi jika cinta bertepuk sebelah tangan atau ditolak atau lihat sidia lagi jalan sama yg lain…hmmm makin tambah stress… dan kecerdasan otak kita tambah menurun. Satu hal yg menarik dari penelitian bartels dia menemukan otak tampak berbinar-binar saat pemiliknya jatuh cinta, dimana bagian yg berbinar itu berhubungan dengan keinginan seksual alias hawa nafsu…jadi jelas banget cinta kepada lawan jenis identik dengan naluri nafsu seksual. Istighfar ya….

Dijadikan terasa indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa yg diingin(syahwat) yaitu : wanita2, anak2, harta yg banyak, emas, perak, kuda pilihan, hewan ternak, & sawah ladang, itulah kesenangan Dunia, disisi Allahlah tempat kembali yg baik (surga) (QS : Al-Imran !4) LANJUTAN QS AL-IMRAN :15 yaitu : katakanlah : inginkah Aku kabarkan kepadamu apa yg lebih baik dari yg demikian itu? Untuk orang-orang yg bertakwa (kepada Allah) pada sisi Tuhan mereka ada surga yg mengalir dibawahnya sungai-sungai, mereka kekal didalamnya, ….(Al-imran : 15)

Bandingkanlah dengan...



Penelitian yg dilakukan oleh F.N Pits Jr dan JN Mc. Lure Jr dari washington university menyimpulkan bahwa dzikir jiwa (Zikir kepada Allah) atau relaksasi mengakibatkan konsumsi oksigen menurun dan produksi gelombang alpha seimbang, sehingga terjadi penurunan lactate darah, yaitu zat yg diproduksi oleh metabolisme urat syaraf sehingga seseorang menjadi lebih tenang terhindar dari rasa takut khawatir, sedih, bingung. Sedangkan penelitian oleh david R frew jika kita berzikir tejadi produktivitas otak meningkat. Subhanallah...

Hmm.. kalian mw pilih yg mana, tetap mencintai pacar tapi malah tambah tulalit atau mencintai Allah, dimana hati akan menjadi tenang, dan damai. insya Allah masuk surga lagi.

Duhai para remaja, insya Allah klo kamu uda siap secara agama, finansial, psikologis dll, baru kamu bicara soal cinta yg sebenarnya. Ok

Salam
Hariadi hardy

0 komentar:

Posting Komentar