Selasa, 07 Juni 2011

Beasiswa 2011

Mohon disebarluaskan. Terima kasih.

Kemenpora Buka Kesempatan Kuliah S2 di UGM dan UI
http://www.kemenpora.go.id/index/preview/berita/3848
http://www.kemenpora.go.id/index/preview/pengumuman/57

Jakarta: Kemenpora bersama Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia memberikan kesempatan pemuda Indonesia untuk mengikuti Pendidikan Program Pascasarjana. Pemuda di Indonesia di bagian barat dan timur mendapat kesempatan kuliah di dua universitas yang berbeda.

Zubakhrum Tjenreng, Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora hari Senin (6/6) siang mengatakan, Pendidikan Program Pascasarjana pada program studi Ketahanan Nasional dengan Konsentrasi Pengembangan Kepemimpinan di kampus UGM diperuntukkan bagi pemuda-pemuda di wilayah timur, yaitu yaitu Provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Maluku Utara, Maluku, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan.

Adapun beban studi akan dilaksanakan sebanyak 42-50 SKS dengan masa kuliah 4 semester di Kampus UGM Yogyakarta yang baru dimulai pada bulan September. Untuk seleksi akademik akan dimulai sejak 11 Juli hingga 3 Agustus.

Dijelaskan oleh Zubakhrum, para pemuda ini akan diseleksi menjadi 30 orang pemuda aktivis dalam organisasi kepemudaan dan organisasi masyarakat berbasis pemuda serta aparatur pemerintah yang menangani kepemudaan dengan syarat lulus ujian masuk sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, pendidikan terakhir Sarjana (S1) semua jurusan/program studi, atau yang disetarakan oleh Kemendiknas dengan IPK minimal 2,75, TOEFL minimal 450 dan TPA minimal 500 dari lembaga yang diakui UGM. Berusia maksimal 40 tahun, pembantu pimpinan/staf dengan golongan minimal III a, tidak sedang terikat dalam program beasiswa lain di Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta di dalam negeri maupun di luar negeri dan mendapat izin dari pimpinan/atasan langsung.

Calon mahasiswa harus menyiapkan sejumlah berkas antara lainf otocopy ijazah sarjana dan transkrip nilai, fotocopy KTP lokasi tempat tinggal tetap, fotocopy SK jabatan/tugas dalam instansi atau organisasi kepemudaan. "Prosedur pendaftaran calon mahasiswa S2 dilaksanakan secara online dengan membayar biaya administrasi pendaftaran sebesar Rp. 500.000,00 untuk S2 Reguler atau Jalur Akademik," jelasnya.

Sementara itu, kerjasama Kemenpora dengan Universitas Indonesia juga di bidang Pendidikan Program Pascasarjana pada Program Studi Kajian Ketahanan Nasional dengan Peminatan Kajian Pengembangan Kepemimpinan. Kesempatan ini ditujukan bagi pemuda yang berasal dari Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, Riau, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur dapat segera mendaftar. Adapun fasilitas yang diperoleh adalah bantuan pendidikan selama 4 semester.

"Selama pendidikan berlangsung, Kementerian Pemuda dan Olahraga tidak menyediakan akomodasi/asrama dan tidak menanggung biaya hidup sehari-hari dan transport perjalanan dari dan ke daerah masing-masing," katanya.

Pendidikan dilaksanakan mulai bulan September 2011, selama 4 semester di Program Pascasarjana Universitas Indonesia Kampus UI Salemba Jakarta Pusat dalam Peminatan Kajian Pengembangan Kepemimpinan. Periode pendaftaran dimulai sejak 3 hingga 24 Juni dengan pengisian form di http://penerimaan.ui.ac.id/. Para lulusan pendidikan di UGM dan UI ini nantinya akan mendapat gelar M.Sc (Magister) (rma)
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia
www.kemenpora.go.id

0 komentar:

Posting Komentar