Senin, 17 November 2014

Mintalah Kepada Allah, Pasangan Hidup yang kelak dapat mendidik anakmu.

Hari itu sepulang shalat maghrib, terdengar suara lantunan ayat Al-Qur'an dari kamar, tapi bukan hanya suara istri saya, tapi bersama anak pertama saya, Nadya yang saat itu baru berusia 2.5 tahun. saya baru menyadari bahwa anak saya telah menghafal QS Al-Fatiha, QS An-Nas, dan Al-Ikhlas. ternyata Nadya belajar dan menghafal ayat Al-Qur'an ketika shalat bersama istri saya.

ketika Nadya berusia 2.1 Tahun ia mulai menghafal doa tidur dan doa makan serta huruf Hijaiyah dan tentu saja lagu anak-anak :). Hingga kini telah beberapa doa yang dia hafal, salah satunya yang menggembirakan saya adalah doa untuk kedua orangtua, yang sering anak saya bacakan bersama istri saya ketika mereka shalat bersama. bukankah salah satu dari tiga amal yang tak akan putus diantaranya adalah doa anak-anak yang sholeh kepada kedua orang tuanya?

Begitupun ketika akan keluar rumah anak saya selalu meminta dipakaikan jilbab dan baru mau di lepas jika telah masuk rumah. Alhamdulillah kebiasaan anak pertama saya perlahan mulai diikuti adiknya yang walaupun baru mulai berbicara telah menunjukkan kecenderungan yang sama dengan kakaknya. 

Saya kemudian menyadari betapa pentingnya peran istri dalam pendidikan anak di usia dini. karena anak - anak lebih cepat belajar ketika bersama ibunya. mungkin itulah sebabnya Islam menganjurkan kepada laki-laki yang akan menikah untuk memilih calon istri yang baik agamanya. sebagaimana Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda :
“Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari-Muslim)

Kepada Saudaraku yang akan menikah, kepada mereka yang masih mencari dan berharap menemukan pasangan terbaik, kepada para suami. Mari bersama kita panjatkan doa kepada Allah agar diberikan Istri yang sholeh serta anak-anak yang menyejukkan hati ;


وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Dan orang orang yang berkata: “Ya Rabb kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa” (QS. Al Furqon: 74).

------------------------------------------------------
"dari Seorang yang baru belajar menjadi ayah"

 Salam 
Hariadi Hardy

0 komentar:

Posting Komentar